Popular Posts

Tuesday, January 24, 2012

BBC Touring Depok-Bandung

Salah satu petualangan yang paling sering ditanya adalah perjalanan Depok Bandung via Cariu. Di bawah ini adalah bahasan email 6 Januari 2011. cekidot. Preparing: Touring, wacana yg blm pernah dijalankan. Akhirnya dibegitu dilambungkan langsung sy tangkap. Walau spt yg diduga jogja bukan saat yg tepat akhirnya bandung yg dilaksanakan. Di luardugaan 17 peserta konfirm mau ikut termasuk munir dan ipul dan 4 dari bekasi temannya pak aziz. Cozmic yg dipilih diluardugaan macet bb-nya. Akhirnya sampai jam 1 pagi ngutak ngatik si kuning the legend dg detonator 1.25 kuning agar siap. Hari H: Munir tikit bike friday dan ipul dg anthemnya datang tepat waktu kemudian total hanya 7 orang dari 17 org yg konfirm siap di pagi itu beserta 1 supir mobil box dan pak Dodo ikut di mobil. Start jam 6 kurang (dari rencana jam 5). Start menuju jl raya cibubur cileungsi lewat pekapuran lumayan menyenangkan krn masih segar dan cuaca masih dingin. Tapi sempat kita nyasar (lucu mengingat masih sekitar depok). Kendala pertama kawat rem depan pak bugi macet shg harus diakalin dulu. Di cibubur pak munir yg satu2nya memakai seli tikit 16" agak kepayahan krn bannya yg kecil akhirnya kita berdua memutuskan utk sarapan ketoprak dulu sbl jl layang cileungsi padahal yg lain sarapan di stl mekarsari.
Waktu sdh menunjukkan jam 9 kita langsung kita gowes beriringan sampai di mesjid sebelum cariu jam 13.00. Di sini kita isoma agak lama (belakangan baru sadar bhw kelamaan). Sekitar jam 2 lewat baru kita jalan dan ternyata setelah belok kanan baru sadar bahwa penyiksaan dimulai. 15 km nanjak disertai hujan benar2 mental diuji di sini. Akhirnya tdk bisa dihindari rombongan pecah menjadi 2 kelompok besar. Sy, ipul, munir dan pak aziz di kelompok pertama sdgkan sisanya di belakang. Di sini tikit menunjukkan keperkasaannya melampaui ban yg lbh besar. Kelompok pertama touchdown di puncak jam stg empatan. Kemudian selang sejam mobil box datang mengevak kelompok ke dua. Salut buat pak aziz yg pantang naik mobil dan menuntaskan tantangan ini. Kekhawatiran mulai terdengar krn seharusnya kita jauh behind schedule. Untung sy tdk tahu jadi merasa biasa2 saja. Sehabis itu kita happy turunan dan dilanjutkan datar dg background pemandangan puncak gn bertumpuk (gn gede, cibodas) sampai magrib di simpang ciranjang. Baru kita jalan hrs beriringan kelap kelip. Setelah itu kita mulai naik tanjakan padalarang yg naik landai tapi bener2 nggak abis2. Kita istirahat makan malam nasi goreng dan start lagi sudah jam 8an. Stl makan kita lanjut dan memaksa kita untuk pecah lagi sehingga 2 kelompok. Di sini pak kokos benar2 memperlihatkan semangatnya dg memulai penanjakan tiada henti. Setelah beberapa saat kita baru sadar bahwa pak kokos tidak ada di belakang dan memutuskan untuk berhenti. Lucunya ternyata yg datang duluan adalah mobil box yg penuh dg evakuasi peserta kecuali pak kokos. Stl ditelpon pak kokos ternyata keram tapi masih mau lanjut di belakang (warung remang2?). Akhirnya kita memutuskan utk jalan terus dan ketemu di pertigaan cimahi sambil memberi kesempatan pak kokos utk dievak. Stl melalui perjalanan yg susah utk digambarkan akhirnya kita sampai di turunan ke arah pertigaan cimahi. Ternyata mobil tdk ada. Kalo nggak salah itu sudah sekitar jam 11an. Akhirnya kita lanjut ke kota yg lumayan berat krn sdh cape dan ngantuk dan kesasar juga. Sempet ketemu banyak geng motor dan digoda sama cowo melambai akhirnya kita sampai di wisma. Phew akhirnya istirahat juga. Total jendral sekitar 166 km Depok Bandung. Di bandung: Pagi2 buta munir sdh pulang dan kita makan di gasibu sama shopping di babe dan lanjut pulang dg cipaganti. Benar2 pengalaman tak terlupakan. Sepertinya baru kita komunitas komplek yg berani ngadain turing spt ini. Agung Bellacasa Bicycle community