Popular Posts

Monday, January 30, 2012

Trek Bojong Koneng , Kawah candradimuka di Sentul

Banyak yang enggan untuk bermain mtb karena alasan takut kelamaan. Nah, ini ada rekomendasi trek yang menjamin main "bersih". Artinya? Bisa main cepet, ngga terlalu kotor, udara segar, pemandangan indah dan... dijamin puas (karena lumayan capek). Gimana nggak, mau kesana tinggal masuk tol jagorawi. Keluar gerbang tol sentul city tinggal cari tempat parkir. Alternatif parkir paling gampang bisa di petronas (pom bensin), atau di seluruh ruko atau Bellanova (Oya, teman saya armen, punya tempat baru yaitu kampung budaya). Tempat favorit saya ada 3, yaitu kafe teratai (lama) deket danau karena deket dengan trek. Petronas karena deket sama pintu tol, mudah ditemuin, sama ada tokonya. Atau di Bakmi golek, karena ada minum gratis khusus pegowes dan bisa cuci mata di sepeda sentulnya bang Rizal (hai bang Rizal bantu promosi nih :)). Kalau tadi ada yang belum sadar ada tulisan yang bilang trek ini lumayan capek, karena trek ini adalah trek uphill. Jiaah, jangan langsung ditutup, justru di sini biasanya para penggowes mengambil keputusan ekstrim. Kapok uphill atau malah kebanyakan menjadi penggemar (tepatnya penikmat) tanjakan. Dari tempat parkir kita menyusuri boulevardnya sentul city. Jangan meremehkan trek aspal super mulus ini. Kelihatannya landai tapi untuk pemula cukup menguras tenaga. Biasanya ini menjadi trek pemanasan sebelum belok kanan sebelum pos ke arah jalanan aspal kampung. Sekarang baru kita siap nanjak! lho daritadi ngapain, gitu biasanya kalau yang baru pertama kali ke sana. Tapi memang benar dari titik situ derajat kemiringan terus bertambah. Perhatian bagi para newbie (panggilan sayang temen2 yang baru kesana) selalu hitung detak jantung jangan sampai kebablasan. Nanti pulang tinggal frame saja hehehe. jangan tunggu pemberhentian yang layak seperti warung dan lain2. Kalau sudah cepat detak jantungnya silakan merapat di rumah2 penduduk hehehe. Mereka ramah kok menawarkan jasa ojek ke atas.
Biasanya kita akan merasa lega kalau melihat belokan 90 derajat ke kiri, tapi hati2. Ini adalah jebakan betmen, karena belokan ini bukan sama sekali istirahat karena jalanan langsung miring kembali. Setelah tanjakan itu barulah kita sedikit bernafas lega. Karena pemandangan lepas yang dijanjikan sudah terlihat setelah daritadi pemandangan terhalang. Cuma sebentar agak lega tingkat kemiringan akan semakin bertambah sampai kembali ada belokan ke kanan. Kali ini saya nggak akan tertipu. Pasti abis belokan ini ada tanjakan lagi. Cuma sebaiknya anda tertipu, karena memang kali ini tanjakannya tidak tersembunyi tapi justru akan membuat kita putus asa dan berandai coba tadi ngga liat karena malah bikin lemes. Ini adalah tanjakan pertama dari tiga tanjakan tajam di trek ini. Kalau yang punya power kuat hajar saja karena sebenarnya tidak terlalu panjang kok, apalagi sekarang jalanannya sudah mulus (seperti pantat bayi). Setelah tanjakan ini baru kita ketemu SD yang ada lapangan bolanya. setelah ini baru ada jalanan agak landai (landai di sini jadi relatif karena dari tadi tajem terus). Setelah nanjak sedikit menyusuri tebing akan ada tanjakan setajam yang tadi tapi ngga abis2 sampai ke vila. Baru nanti turun naik sampai tanjakan terakhir menuju warung bojong koneng. Nah disini sebaiknya jangan sekali2 turun dari sepeda karena akan teringat dan diingat terus di email2, bbm grup, milis dll. Minimal setahun penuh hehehe.
Usahakan untuk pertama kali kesini apapun yang terjadi yang penting sampai saja. Mau dorong, mau setengah hari sampai (waduh) biar gowes selanjutnya punya bayangan. Biasanya setelah sampai di atas detik pertama menyesal, dan 5 menit kemudian penasaran untuk coba lagi. Begitulah ulasan trek bojong koneng. Kalau sudah bisa tanpa berhenti baru kita hitung record kita. Sebagai patokan untuk sampai di atas dalam waktu sekitar sejam itu sudah bagus. Lho terus turunnya gimana? Untuk trek turun itu tidak penting. Nanti kita bahas di bahasan selanjutnya. Nanti biasanya banyak yang bilang ini menjadi trek BK (bojong koneng) maning, karena setiap gowes pilihannya kesini lagi kesini lagi.

No comments:

Post a Comment