Popular Posts

Tuesday, January 17, 2012

Beli sepeda apa?


Duh, gara2 terlalu semangat cerita mengenai sepedaan biasanya berakhir dengan pertanyaan di atas. "Jadi gw harus beli sepeda apa?". Si penanya biasanya mengharapkan tips2 instant sehingga dia langsung tahu dia harus beli apa untuk sepeda yang cocok.
Masalahnya memilih sepeda itu sangat tergantung karakteristik dari orang masing2. Dan masalahnya lagi lebih sedikit lagi yang bisa menikmati perjalanan memakai sepeda dimulai dari memakai spek sepeda yang terbawah sampai akhirnya tahu yang cocok buat karakteristik saya.
Jadi gimana dong?
Biasanya ada minimal ada dua pertanyaan mendasar yang harus diketahui, yaitu untuk main dimana dan berapa budget yang disiapkan.
Yang lebih sulit lagi kalau dia ngga tahu untuk main dimana. Untuk menjawab itu daripada jawab satu2 saya buatkan sedikit tips untuk minimal memulai dari mana memilih sepeda.

Dipakai untuk apa?
Jawabannya bisa untuk muter2 komplek, masuk trek sebelah rumah (seperti JPG), pilih dulu jenis sepeda.
BMX: Untuk jarak dekat biasanya untuk atraksi.
Road bike: Biasa dipanggil dengan sepeda balap disingkat selap. Sistim percepatan bisa sampai 3x10 bahkan 3x11. Untuk jarak jauh dan biasa dikayuh dengan kecepatan tinggi tapi peruntukkan untuk jalan aspal mulus.
MTB: bisa juga disebut sepeda gunung, ini yang paling banyak dipakai karena hampir bisa dipakai di semua trek.

Untuk mudahnya cukup tentukan salah satu dari tiga ini sesuai dengan peruntukan di atas. Untuk yang sudah tahu peruntukan spesial bisa saja di luar dari jenis di atas, seperti Sepeda Lipat (seli), fixie, hybrid dll. yang sebenarnya bisa dianggap sebagai turunannya.

Bagi yang tidak tahu mau dipakai dimana biasanya saya akan langsung merekomendasikan sepeda gunung dengan alasan range pemakaian paling luas (hampir bisa dimana saja).

Kalau sudah menentukan jenis sepeda, baru kita lihat intensitas penggunaannya. Untuk sekedar transportasi jarak dekat (seperti ke warung atau ke tempat aktivitas yang dekat), atau untuk olah raga (sport), atau untuk penggunaan tingkat tinggi seperti mengukur batas kemampuan kita atau kompetisi.

BMX sendiri sebenarnya ada tiga jenis lagi, yaitu flatland, street dan dirt jump. Sedangkan roadbike tidak terlalu spesifik.
Khusus untuk MTB agak rumit karena ada cross country (XC) dan downhill (DH), dan ada beberapa jenis turunannya yang spesifikasi lebih khusus (seperti All mountain, freeride, dirtjump bahkan sepeda khusus touring).

Disini saya membahas ke XC dulu, karena ini yang paling luas pemakaiannya. Ini pun harus diputuskan terlebih dahulu mau pakai hardtail (suspensi hanya di depan) atau full suspension (shock depan belakang).

Untuk pemakaian rendah (biasa disebut komuter) XC hardtail bisa sangat murah sampai 6 juta. Untuk sport biasanya di bawah 10 juta, sedangkan untuk performance (kompetisi) langitlah batasannya (hahaha).

Tipsnya ini dulu kalau sempet nanti akan lanjut sharingnya, jangan lupa cari referensi lain kalau ini terlalu sederhana :)

No comments:

Post a Comment