Popular Posts

Sunday, January 22, 2012

Gunung Pancar, Salah satu trek sepeda di sentul

Mumpung seger di ingetan dan barusan ada temen yang tanya mengenai gunung pancar ya udah saya mau share pengalaman di gunung pancar. Gunung Pancar, tempat wisata yang terletak di daerah sentul. Kalau naik mobil bisa keluar di sentul city terus belok kiri sebelum gerbang besar. Dari sana bisa mengambil ke arah babakan madang tapi setelah pertigaan bisa belok kanan ikutin tanda arah. Jelas kok tandanya. Nah di bawah ini ada beberapa alternatif trek gowes di daerah gunung pancar. Trek Sebex: Ini trek downhill dari start sebex yang letaknya di dalam kawasan wisata gunung pancar. Terakhir digunakan untuk pertandingan sea games 2011. Sudah disediakan fasilitas pickup untuk naik dari tempat finish ke tempat start kembali.
TREK GUNUNG PANCAR
Dari sentul city keluar pagar ke jalan kampung nanti ikutin jalan sampai pertigaan. Ambil kiri ke arah aspal ambil kanan nanjak sampai sate kiloan di pertigaan belok kanan sampai ketemu gerbang. Di situ sudah kelihatan hutan pinus. Masuk sepeda bayar 2000 per orang dan nanjak lagi sampai sebex (sentul bike extreme park). Nah di sebex kita makan sambil nonton downhill
TREK GUNUNG PANCAR EXTENDED
Ini perpanjangan trek nanjak gunung pancar. Dari sebex kita naik ke kanan setelah pemandian air panas, menuju kampung terang. Kemudian baru turun terus sampai jembatan ikutin aja jalan kampung ke arah kiri setelah jembatan nanti akan ketemu aspal. Ambil belok kiri yang turun sampai pertigaan satekiloan untuk balik lagi ke sentul city.

TREK KOMBINASI 1
Ini kombinasi dari gunung pancar extended. Tapi setelah kampung terang dan sebelum jembatan kita belok kiri dengan patokannya mesjid. Kalau belum jelas juga bilang aja jalan mau kawah. awalnya jalan setapak tapi nanti akan membesar. Trek ini rolling (turun naik) dan nanti keluar di kawasan gunung pancar lagi di pertigaan sebelum sebex.

TREK KOMBINASI 2
Ini bisa dikombinasikan dengan trek kombinasi 1 atau trek standar. Saat trek kembali dan setelah pertigaan di bawah sebex akan ada jalan makadam yang ada posnya. ambil aja jalan itu nanti sampai ada belokan ke kiri kita gotong paksa untuk ambil lurus jalan offroad. Jalan itu nanti akan keluar di pertigaan kampung pada saat naik trek standar.
TREK KEBALIKAN GUNUNG PANCAR EXTENDED
Sesuai namanya ini kebalikan dari trek gunung pancar extended. Cuma jangan bayangkan akan sama kesulitannya, ternyata setelah dicoba lumayan nanjak lagi setelah jembatan.
Overall, ini trek alternatif kalau bosen ke bojong koneng terus.

2 comments:

  1. Om Agung...
    Kalau mau ke G. Pancar, baiknya sampe disana jam berapa ya...saya pengen banget nyobain sebex

    ReplyDelete
  2. Hi Om Jefek, Kalau sebex sih lumayan bisa panjang waktunya. Tapi kalau gowes ke sananya sebaiknya sepagi mungkin. Di bawah jam 7 idealnya.

    ReplyDelete